expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
jangan ambil nyawaku sebelum aku membahagiakannya (ibu)....amin..

Senin, 20 Desember 2010

Siapkan mental, hajar Malaysia!

"StumbleUpon"


Lolos ke final, Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Malaysia. Meski memetik kemenangan meyakinkan 5-1 di fase grup, bukan berarti partai final akan ringan bagi Indonesia, mengingat pertandingan dengan sistem home and away.

Timnas harus menyiapkan mental dalam final pertama yang digelar di National Stadium, Bukit Jalil, Malaysia (26/12). Harus diingat, Indonesia tampil impresif di Piala AFF sejauh ini, termasuk dua partai semifinal melawan Filipina dengan kemenangan 1-0 agregat 2-0, namun semua itu dilakukan di kandang sendiri.

Laga final leg pertama menjadi saat yang tepat, bagi tim Garuda untuk membuktikan kualitasnya di laga away. Dilansir dari situs resmi FIFA Indonesia terakhir kali menang di luar kandang ada­ah ketika mengatasi Bangladesh di turnamen Grand Royal Challange, November 2008.

Turnamen itu digelar di Yangon, Myanmar. Setelahnya prestasi terbaik Indonesia saat berlaga di luar negeri adalah mengimbangi Oman di kualifikasi Piala Asia, Januari 2009. Hasil tadi masih belum termasuk hasil yang diperoleh di SEA Games 2009. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Laos itu, Indonesia dua kali kalah dan sekali seri.

Pelatih Indonesia Alfred Riedl sendiri mengakui partai final melawan Malaysia, bukan pekerjaan mudah bagi Indonesia, baik saat bertandang pada 26 Desember maupun saat jadi tuan rumah 29 Desember. Riedl meyakini kalau dua laga final akan berlangsung lebih ketat, dibanding dengan pertemuan pertama lalu. Pelatih asal Austria itu menyebut kalau kedua tim punya kans sama kuat jadi kampiun.

”Pertandingan final akan menjadi pertandingan yang ketat. Kami punya peluang 50 persen jadi juara. Tidak lebih. Memang di grup kita menang 5-1, tapi sebetulnya laga itu agak berimbang,” papar Riedl. Alfred Riedl mengingatkan anak asuhnya tidak boleh gugup di final Piala AFF 2010. ”Final tidak boleh gugup seperti di 20 menit akhir pertandingan hari ini (lawan Filipina),” kata Riedl semalam.

Siap mental
Menghadapi tantangan yang dipastikan datang saat berlaga di Malaysia, kapten timnas Firman Utina mengaku siap mental. Soalnya dia merasa suporter Indonesia lebih ganas dibanding fans Malaysia.
”Saya rasa suporter kita lebih galak. Saya rasa pemain-pemain kita sudah tahu tentang teror (fans) Malaysia dan kami siap menghadapinya,” seru Firman. Bagi kedua tim, partai final adalah kesempatan untuk membuat sejarah menjadi juara.

Kedua tim sama-sama belum pernah menjadi juara sejak turnamen ini digelar (dulu Piala Tiger). Bagi Indonesia melangkah ke final Piala AFF adalah laga keempatnya. Pada episode 2000 dan 2002 Indonesia ditaklukkan Negeri Gajah Putih Thailand.

Sedangkan tahun 2004 harus mengakui keunggulan Singapura. Dalam partai semifinal leg kedua melawan Filipina semalam, Indonesia tampil cantik. Indonesia tampil menekan sejak babak pertama. Namun kokohnya pertahanan Filipina membuat tuan rumah kesulitan menciptakan peluang.

Di babak pertama, El Loco sebenarnya punya untuk menjebol gawang Filipina. Sayang penetrasi yang dilakukannya mampu dipatahkan oleh penampilan gemilang kiper Filipina, Neil Etheridge. Pada menit ke-13, El Loco kembali memiliki peluang emas usai menerima umpan matang dari M Nasuha. Namun bola lagi-lagi masih mengarah tepat kepada kiper Etheridge.

El Loco akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-43. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal dijangkau Etheridge. Gol ini membawa Indonesia unggul atas Filipina sekaligus memastikan satu tiket ke final.

Christian Gonzales mengaku sempat tampil tertekan saat menghadapi Filipina. Beruntung El Loco berhasil bangkit dan sukses mencetak gol kemenangan bagi tuan rumah Indonesia. Usai pertandingan, El Loco yang kini menjadi pimpinan sementara pecetak gol terbanyak Piala AFF 2010 mengaku sempat grogi. Dia tertekan karena Indonesia hanya mampu menang 0- 1 di leg pertama, Kamis lalu.

"Semua orang ingin kami lolos ke final. Karena itu di awal babak pertama saya memang sempat tertekan sehingga tidak fokus. Tapi saya akhirnya bisa cetak gol. Kemenangan ini berkat kerjasama tim," kata El Loco.
teman mu
yoko
hp: 085768146806
fb: yoko shino nara
mh_yooko@yahoo.co.id
http://narasteryoexoe.blogspot.com

Want your own signature?
Visit MyLiveSignature.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download youtube Video